Ternyata Begini Sejarah Pempek Palembang Dahulu

Ternyata Begini Sejarah Pempek Palembang Dahulu

Pastinya kita semua pasti tahu apa itu pempek palembang. Makanan asli Bumi Sriwijaya ini memang sudah terkenal dan disukai di mana-mana. Rasanya yang khas, dibuat dari olahan tepung kanji dan ikan, dimakan dengan kuah cuko yang asam. Meskipun yang terkenal adalah Pempek Kapal Selam, pempek banyak dijual dengan beberapa varian yang nggak kalah enak, seperti Pempek Lenjer, Pempek Kulit Ikan, dan sebagainya. Apapun, umumnya semua berbahan dasar tepung kanji, ikan dan bumbu-bumbu yang diolah.

Sejarah Pempek Palembang

Makanan khas suatu daerah secara umum adalah hasil suatu proses budaya. Nah, begitu pula dengan pempek. Sebagai makanan khas, sejarah pempek tercatat dalam berbagai referensi mengenai sejarah dan budaya Palembang.

Jadi menurut cerita rakyat, makanan yang diolah dari tepung kanji dan ikan ini berawal dari tahun 1617 ketika seorang apek alias paman dalam budaya Tionghoa menyaksikan tangkapan ikan yang melimpah di sungai Musi. Ikan-ikan yang melimpah justru membuatnya prihatin lantaran pengolahannya baru dengan cara digoreng atau dipindang saja. Nah, dari situ apek alias paman tersebut mencoba alternatif pengolahan, yaitu mencampur daging ikan yang digiling dengan tepung kanji, garam serta bahan lain.

Sebelum terkenal dengan nama pempek, nama penganan ini adalah kelesan. Namun, lambat laun nama yang terkenal adalah pempek atau empek-empek. Hal ini, menurut berbagai sumber karena dahulu penjual makanan ini adalah orang Cina yang kerap disapa apek alias paman dalam bahasa Tionghoa. Orang Cina yang terkenal ulet dan pandai dalam berjualan menjajakan pempek dengan berjalan kaki keliling kampung sejak jaman kolonial.

Mengenai kelesan yang menjadi cikal bakal pempek saat ini, kelesan sendiri dalam adat Palembang adalah makanan dalam rumah limas yang disediakan untuk acara adat. Namun rupanya setelah dikomersilkan di kalangan warga, makanan ini laku keras dan bahkan berkembang menjadi komoditi yang bukan hanya dijual oleh kalangan orang Palembang saja.

Pempek Sekarang

Pempek saat ini sudah menjadi makanan yang digemari oleh banyak orang. Kalau Anda penggemar pempek, pastinya Anda pun tahu bahwa varian pempek cukup banyak, seperti Pempek Kapal Selam, Pempek Lenjer, Pempek Adaan, Pempek kulit, Pempek Tahu dan Pempek Keriting. Ini tentu belum termasuk varian pempek yang muncul setelah itu.

Selain menawarkan harga yang beragam, cara penjualan produk makanan inipun juga sudah mengikuti perkembangan teknologi. Bukan hanya membuka kios yang menyediakan meja dan kursi atau stand yang menjual dengan cara take-away, tapi penjual pempek juga mengikuti selera konsumen, yaitu dengan membuka gerai online. Kitapun sudah dengan mudah bisa memesan melalui sentuhan jari pada ponsel, baik melalui website yang mereka buat atau aplikasi marketplace yang sedang marak.