Rahasia Resep Pempek Palembang Lembut dan Kenyal? Simak yang Satu Ini!

Rahasia Resep Pempek Palembang Lembut dan Kenyal Simak yang Satu Ini

Mungkin kamu yang punya hobi memasak penasaran dengan cara membuatnya pempek palembang lenjer yang lezat sekaligus lembut dan tidak keras meskipun sudah dingin setelah digoreng. Berikut ini resep pempek lembut dan kenyal yang bisa kamu praktikkan. Dengan tips yang tepat, kamu bisa mengasah ketelatenan dan kempampuan memasak pempek yang enak, dengan cara praktik berulang-ulang. Siapa tahu, kemahiranmu akhirnya dibutuhkan untuk membuka usaha kuliner pempek?

Resep Pempek Palembang Lembut dan Kenyal

Pempek lenjer bisa dibilang adalah model dasar dari varian pempek yang sudah ada, seperti kapal selam, adaan dan lainnya. Berikut ini komposisi bahan-bahan pempek lenjer dengan rasa ikan yang cukup, bertekstur lembut dan juga empuk saat dinikmati.

Bahan Pempek Lenjer:

  • ½ kg Filet ikan (bisa ikan tenggiri, belida, patin, atau merluza, intinya daging ikan berwarna putih)
  • Sekitar 100 ml tepung sagu atau tapioka
  • 1 butir telur ayam
  • 100 ml air
  • 2 sdm garam
  • 1 sdt gula

Bahan Cuko (Kuah Pempek):

  • 5 gelas air
  • 7 butir bawang putih
  • 50 gr asam jawa
  • Gula merah / gula aren yang berwarna tua secukupnya
  • Cabe dan garam secukupnya
  • Ebi secukupnya

Cara membuat adonan:

Haluskan filet ikan. Masukkan garam dan gula, lalu remas-remas agar tercampur rata, sambil ditambahkan air sedikit demi sedikit. Setelah tercampur rata sekitar 5 menit saja maka akan menghasilkan pasta ikan.

Masukkan telur ayam, remas lagi. Terakhir, masukkan tepung sedikit demi sedikit dengan diremas-remas agar adonan menjadi rata, sekitar 3 menit.

Cara membentuk adonan:

Oles tangan dengan tepung sagu agar adonan tidak lengket di tangan. Lalu ambil sekitar setengah kepal adonan, bentuk bulat. Kemudian pilin agar berbentuk panjang sebagaimana pempek lenjer. Ulangi sampai adonan habis.

Lalu didihkan air dalam panci untuk merebus Jangan lupa, beri sedikit minyak goreng agar adonan pempek tidak saling lengket. Setelah air mendidih, masukkan adonan pempek lenjer tadi ke dalam air, tunggu hingga mengapung sekitar 5 menit. Tunggu sebentar agar bagian dalam pempek ikut matang, sekitar 1 menit. Lalu angkat satu per satu pempek dan diangin-anginkan. Sesudah dingin pempek bisa disimpan di kulkas.

Cara Menggoreng

Nah, akhirnya kamu bisa menggoreng pempek lenjer. Siapkan wajan dan minyak yang cukup hingga pempek terendam. Nyalakan api, tunggu hingga wajan panas dan berasap. Baru masukkan pempek dalam minyak, tidak perlu lama menggoreng, cukup sampai bagian luarnya garing.

Membuat Cuko

Rebus air bersama asam dan gula aren dengan api kecil. Setelah mendidih, masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan, dan cabe sesuai selera. Terakhir tambahkan garam sedikit sambil cek rasa. Setelah mendidih dan matikan kompor, saring kuah untuk menyisihkan sisa-sisa gula merah, bawang putih dan sebagainya.

Resep pempek palembang lembut dan kenyal sepertinya memang mudah, ya. Tinggal butuh praktik untuk menyelaraskan rasa sesuai selera. Selamat mencoba, ya!