Mau Tau Cara Agar Pempek Palembang Tidak Keras, Kenyal dan Lembut? Yuk Baca Artikel Ini!

Mau Tau Cara Agar Pempek Palembang Tidak Keras Kenyal dan Lembut Yuk Baca Artikel Ini

Kalau biasanya Resep untuk membuat pempek Palembang Bahan-bahannya dulu disini kita buat pempek palembang membuat saos ya dulu atau kuah cuko pempek.

Pada dasarnya kuah cuko ini mengandalkan feeling so good alias setiap orang punya selera tingkat keasaman, pedes manis yang berbeda-beda. Jadi lidah masing-masing orang main peranan sendiri-sendiri. Ini kuah cuko yang bikin gregetnya empek-empek. Mau tahu biar kuah cuko mantap bikin kuah cukonya dahulu sehari sebelum bikin pempeknya. Jadi ketika mau makan pempeknya, kuah cuko sudah mejeb alias meresap bumbunya…bikin dulu yaa kuah cukonya hari ini….ini resepnya…

Resep bahan kuah cuko pempek:

1/2 kg asam
2kg gula merah/gula aren cari yang warna hitam pekat
250ml air hangat
1 ltr air Bahan yang dihaluskan :
Cabe rawit + cabe merah sesuai selera pedasnya
15 siung bawang putih
garam secukupnya
ebi

Cara membuat kuah cuko:

Campur asam + gula merah + air hangat remas-remas sampai tercampur rata. Jika adonan sudah terasa agak asam manis, rebus adonan dalam air 1 liter hingga mendidih. angkat asam jika tingkat keasaman sudah dirasa cukup bagi Anda. Masukkan bahan yang dihaluskan ke dalam rebusan. Masak hingga kuah tercampur bumbunya -/+ 10 menit setelah mendidih yang kedua kalinya. Matikan kompor. Angkat. Dinginkan/diamkan atau masukkan kulkas. Siap dipakai setelah sehari atau lebih diendapkan. Saring jika ingin digunakan.

Nah…keesokan harinya kita bikin deh adonan pempeknya…. ini dia adonannya….

Bahan A :

200 gr terigu
800 ml air
8 sdm munjung garam
8 sdt gula pasir
20 siung bawang putih, haluskan
penyedap rasa sesuai selera
10 sdm minyak goreng

Cara Membuat :

Campur terigu, air, garam, gula pasir, bawang putih, penyedap rasa. Masak dengan api kecil aduk- aduk perlahan sampai dengan mengental dan meletup-letup (tanda sudah matang). Matikan kompor. Angkat Masukkan minyak goreng, aduk-aduk hingga tercampur rata. Dinginkan. Simpan dalam kulkas. Diamkan. (Jika tidak kulkas juga tidak apa-apa koq, asal tidak diaduk-aduk lagi..)

Bahan B :

1,250 gr ikan tenggiri yang sudah di filet (tanpa tulang dan kulit)
700 ml air untuk memblender
2 butir telur

Cara membuat :

Ikan tengiri diblender sedikit demi sedikit dengan air. (jika tidak ingin membuatnya di hari yang sama, maka bisa langsung dipakai. Namun jika tidak inginmembuat di hari yang sama maka sukkan ikan yang telah diblender ke dalam freezer. Dan jika ingin memakainya maka keluarkan ikan dari frezeer sampai daging ikan lemas kembali) Campur bahan A dengan ikan yang telah diblender. Aduk dengan tangan hingga tercampur rata. (mama terbiasa langsung membuat pempek di hari yang sama, jadi tidak dari freezer.) Masukkan telur. Aduk terus hingga tercampur rata (jika tidak ingin menggunakan telur tidak apa-apa, hanya pempek tidak akan selembut jika memakai telur) Sisihkan adonan

Bahan C :

2 Kg Tepung tapioka/sagu tani/sagu biasa
Miyak goreng secukupnya
2 sarung tangan plastik/plastik kiloan yang bisa masuk ke tangan

Cara membuat :

Masukkan tapioka/sagu sedikit demi sedikit ke dalam adonan (campuran A+B) di atas.
Jangan digiling atau diaduk dengan keras apalagi diremas-remas ini dapat mengakibatkan adonan menjadi keras. Cukup mengaduk/mencampur dengan ujung jari. Masukkan tapioka/sagu sampai dengan adonan dapat dibentuk.

Pakai 2 sarung tangan/plastik ke dalam tangan. basahi dengan setetes minyak goreng, usap-usap di telapak tangan. Ambil Adonan, bentuk sesuai selera.

Rebus adonan dalam air mendidih yang telag di beri sedikit minyak goreng agar tidak lengket satu sama lain. Angkat rebusan jika sudah mengapung agak lama.

Tiriskan..hingga dingin/suhu ruang Pempek siap digoreng atau dimakan langsung bagi yang menghindari dari gorengan Sajikan pempek dengan kuah cuko, timun yang dirajang halus dan taburan ebi yang telah disangrai dan dihaluskan…